5 Manfaat Anak Diajari Bercocok Tanam Sejak Dini. Nggak Cuma Seru, tapi Banyak Manfaatnya!

Sepanjang wabah banyak hoby yang awalnya tidak sempat dilaksanakan mulai dilirik kembali. Dari melukis, menyulam sampai bercocok tanam di halaman rumah. Buat mama-mama yang punyai balita, hoby bercocok tanam menjadi fasilitas yang bagus nih untuk meningkatkan kekuatan sang kecil. Tidak hanya itu, bercocok tanam atau berkebun semenjak umur dini akan menolong kurangi resiko depresi pada anak.

Seperti orang dewasa, beraktivitas menanam sayur, buah atau tanaman hias bisa memberi imbas positif pada mood anak. Berikut 5 faedah luar biasa yang dapat anak peroleh bila dibawa bercocok tanam semenjak umur dini.

Bermain tanah, bermain air dan berjemur cahaya matahari pagi akan memberi imbas positif pada kesehatan sang kecil. Daripada mendekap di dalam rumah lagi dan cuman bermain gawai, rutinitas bermain sekalian belajar dalam halaman rumah ini akan tingkatkan kesehatan sang kecil, dimulai dari tingkatkan mekanisme imun sampai menolong sang kecil terpenuhi keperluan terkena cahaya matahari dan udara pagi yang sejuk.

Mengantongi tanah, menyirami tanaman, menyemai benih sampai menuai buah dan sayur bisa menolong perubahan motorik lembut sang kecil lo, Mam. Ajak sang kecil pilih tanaman yang ia ingin tanam, sang kecil tentu dengan suka hati ingin menanam tanamannya sendiri~

Menurut Dr. Deborah Zlotnik, psikiater dari Children’s National, saat beberapa anak dan remaja ada di luar, mereka dapat latih semua indra yang mereka punyai. Mendalami tanaman dan sekelilingnya bisa menggairahkan daya memikir anak, membuat anak semakin banyak ingin ketahui dan banyak belajar hal.

Maureen Healy, penulis The Emotionally Healthy Child dan ahli kesehatan emosi beberapa anak di Growing Bahagia Kids mengutarakan jika beberapa anak yang belajar lakukan hal berkali-kali seperti rutinitas menyirami taman akan meningkatkan lajur di otak mereka yang menjelaskan, ‘saya dapat lakukan ini’ dan akan memperoleh hasilnya.

Paling akhir, rutinitas berkebun atau bercocok. Stanam bisa membuat anak semakin tenang, dapat mengatur emosi lebih bagus dan sanggup menanani depresi. Beraktivitas bercocok tanam yang membahagiakan. Sbisa mengubah perhatiannya dari beberapa hal yang membuat depresi, hingga kecil lebih bahagia dan punyai mood yang bagus.

error: Content is protected !!